STNK pun berakhir….

Tak terasa 5 tahun sudah Midori menemani diriku di perjalanan, beraneka ragam peristiwa selama di jalanan pun tercipta mengikat kuat di benak menghiasi relung yang semakin sesak.

Arigatou Midori chan 🙂

Karena sudah 5 tahun itu berarti STNK pun harus berakhir…waktunya gantiiii… akhirnya sabtu kemarin aku manfaatkan untuk menyambangi SAMSAT meskipun masa kadaluarsa masih 1 minggu lagi tak apalah daripada kena denda…lumayan kan…

Ini adalah pengalaman pertamaku bersilahturahmi dengan SAMSAT, meskipun sudah 5 tahun bermotor ria, karena untuk pembayaran pajak pertahunnya aku selalu menitipkannya pada tetangga yang baik hati. Nah…untuk kali ini Sang tetangga sedang berhalangan alhasil harus sendiri deh…tak apalah hitung-hitung nambah pengalaman juga kan…jadi deg-degan euy…

Setelah mendapat beberapa wejangan dari Sang Tetangga, capcuss deh…karena sabtu hanya buka setengah hari jadi harus lebih pagi. 15 menit perjalanan, nyampe deh SAMSAT Kota Bekasi…celingak-celinguk…mencari pos pengecekan fisik.

Ini detailnya….

  1. Cek fisik, artinya motor akan dicek no mesin dan rangkanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jangan lupa persiapkan KTP, STNK, BPKB asli dan fotocopynya ya…Di pos ini akan dikenakan biaya sama Rp. 20.000.
  2. Pos berikutnya pengambilan dan pengisian formulir yang lokasinya tidak jauh dari tangga ke lantai 2.
  3. Setelah semua berkas lengkap, diserahkan ke pos ketiga yang letaknya ada di lantai 2 tapi sebelumnya jangan lupa mengambil nomor antrian ya…nanti petugas akan memanggil 5 nomor sekaligus. Di pos ini waktu mengantri belum terlalu lama, ada di kisaran 15 menit. Jangan kaget kalau agak-agak penuh dan pengap. Usai penyerahan berkas dokumen, petugas akan memberikan kertas kecil bukti untuk pengambilan berkas.
  4. Nah…di pos ke 4 ini waktu antrian agak lebih lama dari pos sebelumnya karena akan dipanggil satu persatu berdasarkan nama. Persiapkan uangnya and jangan bengong atawa ketiduran ya…Tarif yang dikenakan akan berbeda-beda, apalagi untuk motor kedua, ketiga, dan seterusnya karena terkena pajak progressive.
  5. Pos ke 5 ini lokasinya ada di lantai 1 berhadapan dengan pos pengecekan fisik. Silakan menunggu sekitar 15 – 20 menit tergantung dari keperluan kita, kalau hanya membayar pajak sih bisa kurang dari waktu tersebut.
  6. Setelah STNK baru plus tanda bukti pembayaran di tangan, jangan lupa diserahkan ke pos pembuatan plat, waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit. Ini adalah pos terakhir.

Nah…total waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Untuk yang sedang terburu-buru mungkin memakan waktu juga ya…tapi bisa disiasati kok dengan datang lebih awal, meskipun loket dibuka pada pukul 8.00 tapi untuk pengecekan fisik , pengambilan dan pengisian formulir serta nomor antrian bisa dilakukan lebih awal kok atau 1 hari sebelumnya formulir bisa diambil lebih dulu.

Kalau hanya untuk pembayaran pajak, pos pertama dan keenam dilewati saja, jadi pastinya tidak akan sampai memakan waktu hingga 2 jam kan…

Biro jasa ataupun si calo sepertinya tidak dibutuhkan ya…tapi untuk mereka yang ingin praktis, tak ingin berepot ria, punya waktu sempit tapi rizky berlebih ya ndak masalah…pilihan ada di tangan masing-masing kok.

Berhubung di Samsat Bekasi aku belum menemukan flowchartnya, jadi kira-kira seperti ini ya…

Semoga bermanfaat 😉

Advertisements

5 comments on “STNK pun berakhir….

  1. motorku itu ngurus stnknya jauh, ke cikarang 😦 padahal itu pake ktp bekasi.
    tapi kok itu 5 taon sih ? bukannya tiap tahun ada bayar apa gitu ya?
    jadi pengen cepet beresin stnk ku yg 2014 nanti expired nih

  2. belum pernah ganti STNK per 5tahun…
    kalo bayar pajak tahunan lebih gampang memang, dibeberapa Mall di kota besar sudah ada samsat online. tinggal bawa BPKB + KTP Asli sudah cukup.
    Biar gak antri panjang ya musti datang pagi-pagi. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s