Episode 3

Setelah penantian panjang beberapa episode demo Buruh Bekasi Bergerak yang dimulai sejak pertengahan Januari 2012 lalu, akhirnya kemarin Jumat, 27 Januari 2012, pertahanan perusahaan dimana diriku bekerja jebol juga.

masih tetap semangat

Para buruh yang jumlah tidak sedikit itu berhasil melakukan aksi sweeping, bahkan sampai tiga kali cuuuyy…#ngepans bener dah# meskipun tidak ada korban, tapi membuat beberapa lampu taman dan kaca pecah. Alhamdulillah jantung ibu-ibu ga ikutan pecah and para bumil jadi pengen lahiran cepat…qiqiqi…lebay mode on.

kena sweeping juga

Dan dimanakah diriku saat aksi ini berlangsung…

Yuuppzz, saat aksi sweaping yang pertama, diriku terjaring…tapi mmmhh apa menjaringkan diri ya…qiqiqi…yang pasti aku jadi bagian mereka. Bersama teman membonceng motor ikut menyaksikan bagaimana mereka melakukan sweaping ke beberapa perusahaan untuk bergabung melakukan aksi demo ini. Bagi perusahaan yang tidak membukakan pintu, tak segan para pendemo ini melakukan aksi jebol pintu, weleh..weleh…

aksi sweeping berlanjut

Dari rentetan demo bersambung ini, kemarin merupakan demo kedua kalinya para buruh berhasil melumpuhkan tol kurang lebih sepanjang 15 km dimulai dari pintu tol Cibitung hingga Cikarang Pusat, tapi Polisi melakukan tutup pintu tol mulai dari Tol Bekasi Barat hingga pintul tol Karawang. Alhasil kemacetan yang parah pun terjadi hingga merembet ke Jakarta terutama di jalan-jalan arteri. Kemacetan sudah dimulai sejak di kisaran pukul 1 siang dan mulai sedikit mereda di pukul 10 malam. Kerugian berantai…masyarakat pun tak lagi tersentuh.

tol yang terjajah

kembali terjajah

kemacetan di jalan arteri

Aksi ini merupakan aksi lanjutan dari aksi-aksi sebelumnya, UMK yang belum menemui kata sepakat antara APINDO dan Buruh serta keputusan PTUN Bandung yang berhasil memenangkan gugatan APINDO untuk membatalkan SK Gubernur No. 561/Kep. 1540-Bangsos/2011 di hari Kamis, 26 Januari 2012.

Aksi kali ini tidak lagi seperti aksi-aksi sebelumnya yang lebih terkoordinir, sehingga sangat memungkinkan untuk para penyusup melakukan provokasi. Niat tulus bisa terkotori karena ulah beberapa orang yang tak bertanggung jawab.

Massa yang sudah bercampur

Alhamdulillah…titik temu sudah terjalin, mudah-mudahan ini adalah episode terakhir.

Advertisements

6 comments on “Episode 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s