Sambungannya nih…

Ini adalah kedua kalinya saya menerima sms yang berkaitan dengan demo Buruh Bekasi Bergerak

Pesan pertama saya terima di hari Kamis malam, tanggal 12 Januari 2012

INFO TERKINI : rapat dinas tenaga kerja kab/kota bekasi tadi malam pihak APINDO tidak mau hadir dan bersikeras akan melanjutkan gugatannya…untuk itu FSPMI dan gabungan serikat buruh se kab/kota bksi mengelar aksi tandingan tgl 16,17 januari bertepatan dgn sidang gugatan…titik yg mau dilumpuhkan seluruh kawasan termasuk cikarang dan sekitarnya…konsolidasikan dgn kawan2 buruh yg lain sebrkan melalui sms kita buktikan buruh tidak main2…tanxs salam solid.

Dan pesan kedua saya terima di Jumat malam, 13 Januari 2012

APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) akan menurunkan upah Bekasi, dari yg di SK kan Gubernur 1.491.886 menjadi 1.286.000; 1.715.645 menjadi 1.356.000; 1.849.913 menjadi 1.414.000; jika anda, masyarakat Bekasi, pekerja Bekasi atau orang Bekasi, jangan biarkan APINDO melakukan Penindasan & Pemiskinan kpd kita. untuk menolak rencana APINDO, seluruh buruh bekasi semesta akan melakukan aksi mogok total. Mohon keikutsertaannya. Senin-jumat 16-19 januari 2012. Sebarkan sms ini kepada seluruh masyarakat Bekasi, Pekerja Bekasi dan Keluarganya. SEBARKAN!!!

Tak mau kalah dengan sinetron yang menghiasi layar kaca, aksi ini ternyata berseri. Keputusan yang terbaik untuk kedua belah pihak belum dihasilkan.

Untuk aksi ini sendiri kemungkinan akan dipusatkan pada dua titik, yaitu Kawasan Industri Ejip dan Jababeka. Dengan jumlah peserta demo yang diisukan sebanyak 10.000 orang pastinya akan menimbulkan kemacetan yang lebih parah dari aksi sebelumnya 11 Januari 2012. Perindustrian Bekasi benar-benar akan lumpuh total dan tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pada perindustrian nasional.

Sidang terbuka pertama yang digelar di PTUN Bandung Rabu 11 Januari 2012 ini baru pada  mendengarkan gugatan dan jawaban, jelas Endang Panitera Pengadilan kasus gugatan ini

Gugatan yang diajukan APINDO ini sebelumnya hanya diajukan oleh 17 perusahaan saja, jika akhirnya APINDO berhasil mengajukan gugatan ini hingga PTUN Bandung berarti sepertiga suara dari total perusahaan telah terpenuhi. Sedangkan bagi perusahaan yang tetap menyetujui SK ini mungkin akan mengambil langkah lain, yaitu menambah jumlah mesin untuk menggantikan tenaga manusia yang berarti ini akan merumahkan beberapa karyawan. Mungkin terkesan sadis, tapi inilah realita yang mungkin akan terjadi.

Hal-hal seperti ini memang sangat sensitif menimbulkan gejolak-gejolak yang akan sangat berpengaruh terhadap tingkat laju perekonomian. Investor akan kembali berpikir untuk menanamkan uangnya di Indonesia.

APINDO sendiri mungkin bisa mengkaji ulang perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungannya untuk menentukan kelas-kelas selain ditentukan berdasarkan sektor industrinya.

Untuk teman-teman sesama buruh mungkin bisa mencari cara lain selain aksi ini, misalnya melakukan balasan melalui jalur hukum juga. Jangan sampai niat kita yang tulus ini ternodai oleh unsur-unsur politik yang hanya ingin menarik simpati masyarakat.

Semoga solusi terbaik untuk kedua belah pihak bisa segera dihasilkan tanpa harus menganggu roda perekonomian. Amiiiinnn….

Terganggunya roda perekonomian terganggu pula pada roda perdompetan.

Berhati-hatilah untuk kalian yang berencana menuju Cibitung, Cikarang, dan sekitarnya di hari Senin hingga Kamis. Mudah-mudahan tidak sampai mengganggu lalu lintas di jalan tol walaupun sedikit sangsi 🙂

Sumber:

1. Radar Bekasi

2. Mogok Buruh Bekasi Geruduk PTUN Bandung

3. Kawasan industri diblokir

4. Mogok buruh Bekasi Geruduk PTUN Bandung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s