Kenalan lagi dong,,,,,

Setiap orang pasti pernah menangis dong saat menonton film, drama atau sinetron, tidak hanya saat si pemeran utama mengalami penderitaan, kala sudah meraih kebahagiaanya pun air mata tetap mengalir. Tapi apakah pernah menangis saat tim kebanggaan berhasil mengalahkan lawannya atau saat kebudayaan Indonesia berhasil tampil habis-habisan di luar negeri dan diminati warga asing? Aneh ga sih kalau beneran kejadian?

Tapi ternyata di hari sabtu pagi itu kemarin, aku mengalaminya lho… *melonnya,,,,adooohhh (tepok jidat)*

Ini terjadi saat menyaksikan liputan VOA mengenai acara pagelaran budaya Indonesia yang berlangsung di California Amerika Serikat hasil kerjasama KBRI dengan Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam acara tersebut, penonton dikenalkan dengan salah satu alat musik bambu yang sudah cukup kenal di dunia, khas Jawa Barat,,,,yuuuppzzz dialah adalah Angklung. Alat musik yang terbuat dari bambu dan untuk membunyikannya cukup dengan digoyangkan saja.

Mereka tidak hanya menyaksikan tapi juga diajak menjadi bagian dari pergelaran tersebut. Wuaaahhh,,,,,mereka antuasias sekali saat diminta untuk bersama-sama memainkannya, sangat jelas terlihat dari raut wajah mereka.

Tidak hanya itu saja lho, saat pertunjukan kesenian dari Bali ternyata beberapa pemain gendangnya adalah warga Amerika Serikat. Hebat,,,,terharu sekali diriku,,,,Apalagi kalau aku benar-benar berada di luar negeri ya melihat langsung peristiwa itu,,,jangan-jangan bisa meraung-raung. (si lebay emang)

Sebegitu besarnya penghargaan mereka terhadap kebudayaan Indonesia. Tapi, apakah sang pemilik kebudayaan ini juga memiliki rasa yang sama. Hufffttt,,,,,sedikit pesimis,,,,,

Terbukti dengan beberapa kebudayaan asli Indonesia yang sudah mulai terpinggirkan, menghilang dari peredaran karena tak satu pun yang tertarik untuk melestarikannya atau berhasil direbut negara tetangga. Malangnya Indonesiaku,,,,,

Orang Indonesia belajar *ajep-ajep*, orang-orang asing asyik belajar jaipongan,,,, (adooooohhh)

Ini kemunduran atau kemajuan ya,,,,,,

Silakan pilih sendiri,,,

Meskipun dalam pagelaran ini, panitia lebih banyak menampilkan kesenian tradisional Bali karena dunia memang lebih mengenal Bali dibandingkan Indonesia. Tapi paling tidak, ini bisa dijadikan pintu masuk bagi mereka untuk mengenal kebudayaan Indonesia lainnya yang pastinya tidak kalah keren cuy,,,,ditambah dengan masuknya Pulau Komodo sebagai salah satu 7 Wonder berharap bisa memberikan manfaat yang lebih terlepas dari pro dan kontra yang melatarbelakangi acara ini.

Sudah seharusnya generasi kita-kita ini lebih peduli dan peka terhadap apa yang sedang terjadi. Walaupun belum bisa melakukan suatu perubahan besar tapi paling tidak sebuah perubahan kecil dan akhirnya bisa kita tularkan ke lingkungan sekitar tentunya akan menjadi sebuah perubahan besar dan sangat berarti. Jangan sampai anak cucu kita justru mengetahui kebudayaan Indonesia dari literatur-literatur dan  buku-buku yang tersimpan apik di perpustakaan Jerman atau Belanda.

Tragis,,,,,

Ayo mulai berkenalan kembali dengan Indonesia mu,,,,,

* masih setia dengan ccw,,, 😀 *

Advertisements

One comment on “Kenalan lagi dong,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s